Beranda Pemerintahan TOPAN-RI Minta Dinas PUPR Blacklist, CV Herlin Jaya Lakukan Kecurangan

TOPAN-RI Minta Dinas PUPR Blacklist, CV Herlin Jaya Lakukan Kecurangan

40
0
BERBAGI

Tahtabekasi.com-Pengecoran Jalan Utama Desa Mekarwangi penghubung Desa Gandamekar (lintas Desa) Mekarwangi, Kecamatan Cikarang Barat luput dari pengawasan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi. Pasalnya, kegiatan yang dikerjakan pemenang tender CV. Herlin Jaya dengan anggaran senilai Rp. 1.035.825.000,- (satu milyar tiga puluh lima juta delapan ratus dua puluh lima ribu rupiah) itu diduga tidak sesuai dengan Spac dan RAB.

Hal tersebut terlihat saat dipantau LSM TOPAN-RI pekerjaan berjalan tidak adanya pengawasan dari Dinas PUPR ketika di lapangan. sehingga pekerjaan yang dilakukan oleh pelaksana asal-asalan, tidak mengacu pada Spec maupun RAB yang ada. Sedangkan seharusnya ketinggian dan lebar coran T.20 cm dan L. 4 m. Namun, pada kenyataannya ketinggian hanya rata-rata sekitar 11, 5 cm. Selain dari pada itu minimnya pembesian juga dilakukan dengan secara mengurangi angkur pada tibar maupun douwel. Padahal konsultan yang ada di lapangan sempat mengarahkan mengenai pembesian yang tidak sesuai dengan menambahkan pembesian tersebut.

Namun, beberapa saat kemudian setelah konsultan pergi, pengecoran di Kp. Rawa Julang RT. 04/02, Desa Mekarwangi Kecamatan Cikarang Barat ini kembali mengurangi pembesiannya.

Konsultan di lapangan, Yudha ketika dikonfirmasi media mengatakan, bahwa pembesian tidak sesuai dengan spesifikasi teknis yang sebenarnya (tidak sesuai Spec dan RAB – rad). maka dari itu kata Yudhi. Ia telah melakukan peneguran terhadap pelaksana kegiatan tetapi tetap tidak di indahkan. “Saya sudah melakukan teguran dan mengarahkan, bang. agar besi ditambah dan mengikuti ¬†spec yang ada, tapi saya tetap ga di gubris, ” tuturnya kesal.

Menanggapi hal ini, Ketua Team Operasional Penyelamatan Asset Negara Republik Indonesia (TOPAN-RI) Perwakilan Kabupaten Bekasi Yayat Hidayat membenarkan, yang saat itu melihat kegiatan tersebut dengan bukti hasil investigasi/observasi timnya bahwa pekerjaan pengecoran di Kp. Rawa Julang RT. 04/02, Desa Mekarwangi itu sudah menyalahi spec dan diduga tidak sesuai RAB. Dan pihaknya akan segera melakukan laporan kepada pihak terkait.

“Kami akan segera laporkan atas hasil investigasi/obserpasi ini. Agar Dinas melakukan penindakan berupa pemotongan dan pembacklist an terhadap perusahaan yang melakukan kecurangan pekerjaan,” tandasnya.

“Kami berharap Dinas langsung ambil sikap tegas pada CV. Herlin Jaya selaku pemenang tender dengan NPWP 02.323.538.5-432.000 dan kepada pengawas yang tidak ke lokasi,” pintanya. (hdy/ane)