Beranda Ragam Tak Dapat Ditemui Kacab BTN Cikarang Diduga Menerima Gratifikasi

Tak Dapat Ditemui Kacab BTN Cikarang Diduga Menerima Gratifikasi

65
0
BERBAGI

Tahtabekasi.com-Dugaan adanya keterlibatan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terindikasi menerima gratifikasi dari salah satu pengembang perumahan PT Langgeng Pertiwi, yang tersebar luas dan tertuang dalam data audit internal PT. Langgeng Pertiwi bahwa Bank Tabungan Negara (BTN) Cikarang telah menerima upeti berupa uang tunai hingga ratusan juta rupiah.

Berdasarkan data audit internal PT. Langgeng Pertiwi tahun 2014 hingga 2017, BTN cabang Cikarang diketahui banyak menerima upeti dari PT tersebut. Seperti transport, THR hingga fee yang telah diterimanya.

Tindak pidana dugaan Gratifikasi yang dilakukan oknum PT. Langgeng Pertiwi terhadap kepala cabang BTN Cikarang, merupakan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dalam Undang-undang Tipikor pasal 12 huruf a, sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 tahun 2001tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, yang dikatakan sebagai, pemberi suap.

Hal itu pula dibenarkan oleh wakil kepala cabang BTN Cikarang yang enggan disebutkan namanya, ketika ditemui awak media dikantornya Senin (9/10), membenarkan jika karyawaan/staf hingga petinggi Bank BTN tidak diperbolehkan menerima apapun dari pihak lain, kusuanya nasabah.

“Kan sudah jelas tidak diperbolehkan menerima apapun dalam bentuk apapun, jika hal itu benar jelas itu merupakan gratifikasi,”tutur wakil kepala cabang BTN Cikarang.

Dirinya menegaskan bahwa saat ini (wakil kepala cabang BTN Cikarang.red) baru menjabat sebagai wakil kepala cabang, dirinya mengaku tidak tau menau terkait hal tersebut.

“Jadi saya tidak bisa memberikan jawaban sepenuhnya, nanti langsung atur waktu saja sama pa Bambang, biar saya sampaikan,”pungkasnya.

Intinya itu jelas dilarang, semua karyawaan atau staf yang bergerak di Pemerintahan tidak diperkenankan menerima upeti. Bahkan setiap staf, selalu dibekali pin gantungan id card yang mengartikan larangan menerima upeti, tutupnya. (Red)