Beranda Pendidikan Ribuan Ruang Kelas Sekolah Rusak

Ribuan Ruang Kelas Sekolah Rusak

165
0
BERBAGI

Tahtabekasi.com-Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi mengklasifikasikan ribuan ruang kelas di wilayahnya dalam kondisi rusak sedang dan berat. Dari ribuan ruang kelas sekolah yang rusak berat tersebut didominasi berada di jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Setelah kami data semua sekolah, ternyata hampir ribuan ruang kelas SD dan SMP dalam kondisi rusak sedang dan berat, fenomena kerusakan itu terjadi hampir di 23 Kecamatan,” ujar Kepala Dinas Kependidikan Kabupaten Bekasi, M. A Supratman, saat diwawancarai Tahtabekasi.com, pada Senin (3/4) kemarin.

Menurut dia, kondisi kelas rusak masih digunakan belajar mengajar. Sehingga, kondisi kelas rusak ringan untuk jenjang sekolah dasar ada sekitar 3978 kelas, rusak sedang 457 ruang, dan rusak berat sekitar 362 kelas. “Untuk ruang kelas rusak sedang terbanyak berada di Tambun Selatan 55 kelas, dan rusak berat di Cikarang Utara 39 kelas,” katanya.

Lanjut ia mengatakan, untuk jenjang SMP, ruang kelas rusak itu terdata : rusak ringan sebanyak 5708 kelas, rusak sedang 534, dan rusak berat sebanyak 481 kelas. Sementara ruang kelas dalam kondisi baik dan layak sebanyak 3198 kelas. “Data ruang kelas rusak dari tingkat SD hingga SMP itu tercatat hingga Maret lalu,” ungkap mantan Kepala BPBD Kabupaten Bekasi tersebut.

Supratman menjelaskan, ruang kelas yang rusak tersebut akibat banyak faktor, mulai dari sekolah tersebut sudah dalam kondisi tua, karena kebanyakan sekolah yang dibangun 20 tahun lamanya. Selain itu, ada sebagian sekolah yang tergerus akibat banjir yang menerjang wilayah Kabupaten Bekasi. “Bangunan sekolah itu ada yang dibangun tahun 1980, dan belum pernah direhab total, melainakn hanya rehab kecil saja pada bagian tertentu,” jelasnya.(ndi)