Beranda Kesehatan Respon Masyarakat Terhadap Layanan Kesehatan Dasar Sangat Tinggi

Respon Masyarakat Terhadap Layanan Kesehatan Dasar Sangat Tinggi

165
0
BERBAGI

Tahtabekasi.com- Lurah Mustikasari Deden YS menegaskan keberadaan Puskesmas sangatlah membantu masyarakay. Karenanya Puskesmas Pembantu (Pustu) yang saat ini ada di wilayahnya akan segera berubah statusnya menjadi Puskesmas sebagaimana instruksi Walikota Bekasi.

“Untuk Kelurahan Mustikasari memang statusnya masih Pustu (Puskesmas Pembantu). Kemudian untuk meningkatkan status dari Pustu menjadi Puskesmas tahun ini sesuai instruksi Walikota Bekasi Rahmat Effendi bahwa tahun 2017 ini Pustu Mustikasari sudah harus meningkat dan berubah statusnya menjadi Puskesmas,” pungkasnya.

Walikota berharap di kota Bekasi ada 56 Puskesmas yang masing masing tersebar di seluruh Kelurahan dan bukan hanya itu Puskesmas type A nantinya akan ditingkatkan lagi menjadi Puskesmas rawat inap.

Deden Menambahkan saat ini Puskesmas Mustikajaya melayani persalinan normal secara gratis (ponet), layanan ini sangat diapresiasi positif oleh masyarakat sebagai program pemerintah daerah karena sangat dirasakan langsung bagi masyarakat yag kurang mampu.

Sementara itu terkait minimnya fasilitas dan kelengkapan peralatan Puskesmas Mustikajaya saat ini Deden menanggapi saat ini semua aspek sudah disiapkan oleh penerintah daerah melalui BKD dengan berkorsinasi dengan Dinas Kesehatan kota Bekasi.

“Untuk tenaga medis dalam hal ini SKPD Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah yang sebelumnya disebut BKD sudah menyiapkan perangkat untuk tenaga medis, paramedis maupun medisnya artinya dokter dokter, perawat dan bidan sudah disiapkan oleh BKD dan berkorsinasi dengan Dinas Kesehatan, jadi tidak ada masalah artinya kita punta stok tenaga medis untuk nantinya ditempatkan pada Puskesmas yang baru.

Deden mengakui antusias masyarakat sangat tinggi karena mereka berharap pelayanan kesehatan dasar masyarakat nantinya tidak perlu lagi pergi ke rumah sakit besar, swasta ataupun umum cukup berobat dan langsung ditangani oleh dokter dokter Puskesmas kecuali pasien yang perlu dirujuk ke rumah sakit umum atau swasta dengan program pemerintah daerah yang baru saja digulirkan Kartu Sehat berbasis NIK yang bekerjasama dengan 39 rumah sakit di kota Bekasi, bahkan jika warga yang tidak memiliki Kartu Sehat tetap masih bisa menggunakan Kartu Keluarga yang tentunya sudah mempunyai NIK. Inilah sebagai bentuk komitmen Walikota Bekasi dalam pelayanan kesehatan dasar maupun pelayanan tindak lanjut bagi warganya.

“Harapannya dengan akan ditingkatkannya status akreditasi Puskesmas ini Lurah Deden berharap pelayanan di petugas loket Puskesmas agar lebih ditingkatkan lagi kinerjanya, lebih ramah, lebih tanggap dan jangan cuek, jutek ataupun kurang tanggap, karena mulai saat ini masyarakat langsung yang akan menilai Puskesmas Mustikajaya dan kita berharap level akreditasinya menjadi Paripurna,”imbuhnya. (fay)