Beranda Budaya Pesilat dan Budayawan Bekasi Rayakan Hari Sumpah Pemuda

Pesilat dan Budayawan Bekasi Rayakan Hari Sumpah Pemuda

54
0
BERBAGI

Tahtabekasi.com-Sejumlah Pemuda/i komunitas srikandi pesilat muda bekasi dan komunitas budaya Bekasi yang dimotori oleh Gerakan Moral Silaturahim pelestari silat budaya betawi Bekasi dan Silaturahmi Bekasi Raya urun rembuk dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda gelar upacara bendera di halaman kantor kecamatan rawa lumbu Kota Bekasi , Minggu (29/10).

Putri atau Salah satu srikandi Pesilat Bekasi yang sehari – sehari di panggil Pute menuturkan Upacara bendera orang Bekasi, adalah sebuah konsep yang unik dari kebanyakan upacara pengibaran sang saka merah putih. Dimana paskibra dalam upacara bendera orang Bekasi ini akan tergantikan oleh pasukan silat yang terdiri dari anak-anak muda yang diambil dalam berbagai perguruan silat tradisional.

Sementara itu, Ketua Gerakan Moral Pelestari Silat Budaya Bekasi,  Mardani  mengatakan untuk barisan pendukung upacaranya terdiri dari 43 perguruan silat, dan 12 komunitas budaya, pengiat sejarah, pengiat budaya, komunitas motor, hingga komunitas pecinta alam ,sedangkan bertindak selaku Inspektur Upacara Camat Rawa Lumbu Kota Bekasi.

Pelaksanaan upacara bendera ini, pihaknya mengusung tagline #NKRI ampe modar, dengan didukung oleh berbagai elemen masyarakat Bekasi.

Terpisah, Sekjen GM Fadil menambahkan Dalam upacara kali ini melibatkan 1500 peserta dan elemen masyarakat se Bekasi raya dan jakarta yang hadir upacara bendera pada saat ini di tandai dengan banyaknya peserta yang datang dari pagi sampai saat ini . Dalam gelaran acara hari ini menampilkan aksi pencak sikat,  debus dan lain – lain yang diiringi oleh gendang pencak ,juga sajian makanan khas bekasi sebagai hidangan peserta. Harapannya semangat ke-Bekasi-an akan semakin kuat dan guyub rukun,” tambahnya.

Sedangkan, Pengamat Budaya Bekasi, Rahmat Malik mengatakan, jika ingin terus melestarikan kebudayaan Bekasi memang harus dilakukan melalui kegiatan positif dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Teruslah berbuat baik untuk Bekasi, tentu saja kudu diisi dengan kegiatan-kegiatan yang super positif, positive mind, positive mental attitude, hasilnya pasti akan super positif untuk berbagai hal,” ujarnya. (red)