Beranda Budaya Lemah Abang Yang Hangus di Gerus Waktu

Lemah Abang Yang Hangus di Gerus Waktu

853
0
BERBAGI

Tahtabekasi.com-Warga Kabupaten Bekasi kehilangan nama daerah yang pernah menjadi pusat pemerintahan dan pusat keramaian masyarakat pada tahun 1940 an yang sekarang hanya tinggal menyisakan bangunan satu yang masih menggunakan nama Lemah Abang.

Menurut ketua Gerakan Mahasiswa Nasionalis Indonesia (GMNI) Bekasi, Abdul Basyir. Menyatakan kecewa atas pemerintah daerah yang tidak menghargai kearifan lokal, karena nama Lemah Abang itu sudah menjadi icon Bekasi tempo dulu.

“Jelas kami kecewa, Lemah Abang dulu kan menjadi Icon Bekasi, sekarang hanya meninggalkan sejarah saja,” tuturnya kepada Tahtabekasi.com, Selasa (1/9)

Masih kata Abdul Basyir,sekarang hanya menyisakan satu bangunan saja yang masih menggunakan nama Lemah Abang yakni stasiun Lemah Abang, sisanya sudah menjadi ssejarah belaka. Padahal para pejuang dulu banyak yang melakukan pertempuran untuk merebut dan mempertahankan Lemah Abang dari penjajah.

“mana Lemah Abang yang kental akan nilai sejarah?. Hanya tinggal stasiun saja,” tangkasnya.

Dirinya menyalahkan pemerintah yang menurutnya tidak menganggap dan menghargai nilai sejarah juga jasa pahlawan, bahkan pihaknya juga akan mempertanyakan kepada pemerintah dan dinas terkait tentang sejarah lemah abang yang hangus tergerus waktu.(Moz)