Beranda Pemerintahan Komsi II DPRD Kabupaten Bekasi Target Pembangunan Pasar Hewan

Komsi II DPRD Kabupaten Bekasi Target Pembangunan Pasar Hewan

23
0
BERBAGI

Tahtabekasi.com- Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi akan mengusulkan pembangunan pasar hewan. Sebab di Kabupaten Bekasi belum memiliki pasar hewan. Selama ini pasar hewan yang adanya hanya di Jonggol, Bogor dan Purwakarta.

Sementara itu Bekasi merupakan wilayah konsumen daging yang cukup tinggi. Dengan adanya pasar hewan Komisi II yakini bisa menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari transaksi jual beli hewan di pasar tersebut.

“Sangat disayangkan kebutuhan daging tinggi tetapi tidak dibarengi dengan keberadaan pasar hewan,” jelas Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi, Mulyana Muhtar.

Komisi II akan mendorong ke Dinas Pertanian dan Peternakan untuk membahas pasar hewan. Kita miliki wacana pasar lebih cocok didirikan Wilayah Selatan tepatnya di Kecamatan Cibarusah.

“Kita yakin pasar hewan bisa menjadi sumber PAD baru bagi Kabupaten Bekasi. Jangan sampai tingkat konsumsi yang tinggi terhadap daging tidak bisa ditangkap peluangnya oleh pemerintah daerah. Dinas harus kreatif untuk menciptakan sumber-sumber PAD baru. Jangan hanya puas dengan sumber yang sudah ada. Jika terus digali maka besar kemungkinan PAD Kabupaten Bekasi akan terus bertambah setiap tahunnya,” tuturnya.

Selain masalah PAD, Mulyana Muhtar menjelaskan transaksi jual beli juga merupakan budaya leluhur Bekasi. Warga  Bekasi yang aslinya dulu kebanyakan peternak dan berdagang itu terbukti sampai saat ini di beberapa wilayah Kabupaten Bekasi masih terlihat masyarakatnya berternak hewan. Namun mereka kesulitan untuk melakukan transaksi jual beli.

“Karena budaya kita dulu aslinya peternak dan pedagang itu tidak boleh kita hilangkan budaya tersebut. Saya lihat selama ini banyak warga Kabupaten Bekasi melakuakan transaksi jual beli di jalan itu sangat disayangkan, insyallah 2018 kita akan bahas itu agar cepat direalisasikan,” tandasnya. (adv)