Beranda Politik Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Cek Kamtibmas Pasca Pilkada

Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Cek Kamtibmas Pasca Pilkada

160
0
BERBAGI

Tahtabekasi.com- Pasca pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Mochammad Iriawan bersama Panglima Kodam (Pangdam) Jaya, Mayjen TNI Teddy Laksono berkunjung ke Kabupaten Bekasi dalam rangka pengecekan situasi pasca Pilkada di Kabupaten Bekasi, Jumat (17/02).

Dalam kunjungan itu, turut hadir Danrem 051/Wijayakarta, Kolonel Inf. Rifki dan Dandim 0509/Kabupaten Bekasi, Letkol CZi Zulhadrie S. Mara serta para undangan dari tokoh ulama, tokoh masyarakat, KPUD Kabupaten Bekasi dan Panwaslu Kabupaten Bekasi.
 
Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol M. Iriawan memaparkan akan memaparkan hasil pelaksanaan pengamanan situasi keamanan Pilkada di wilayah tersebut.
“Kemarin kami telah melakukan pemantauan secara langsung bersama-sama dengan Bapak Kapolri, Komisi II dan III DPR-RI, KPU serta Bawaslu. Secara keseluruhan, pelaksanaan kegiatan berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif,” ujar Kapolda Metro Jaya di Lobby Mapolrestro Bekasi.
Lebih lanjut M. Iriawan mengatakan, Bekasi merupakan Kota Industri terbesar se-Asia Tenggara di dalamnya terdapat sebanyak 12 kawasan industri dengan kurang lebih dari 5.000 perusahaan dan 800.000 orang tenaga kerja atau buruh. Meskipun begitu, dalam Pilkada kemarin, Kabupaten Bekasi termasuk daerah yang aman, karena tidak terjadi konflik dalam pemilihan kepala daerah kemarin.
“Seperti yang saya sampaikan tadi, bahwa ini termasuk daerah yang bukan menjadi perhatian maksimal untuk kekhawatiran kami dalam gangguan keamanan. Artinya, kami fokusnya memang ke Jakarta. Namun apabila kami tidak datang ke Kabupaten Bekasi, rasanya tidak pas dan tidak afdol untuk bertemu dengan tokoh dan anggota kami di Kabupaten Bekasi. Dan saya ptutskan dengan Pandam Jaya untuk berangkat ke Kabupaten Bekasi, meskipun dalam keberangkatan masih banyak urusan ke Mabes Polri,” bebernya.
Selain itu, ia menjelaskan, masih ada penerapan untuk pengamanan terkait dengan surat suara dan kotak suara. Sekarang PPS sedang mengusung, tentunya kita amankan maksimal. “Kami memohon kepada masyarakat agar membantu, kami amankan kotak suara dari PPS ke PPK, kemudian sampai ke KPUD Kabupaten Bekasi,” katanya.
Seperti yang diketahui, dalam penghitungan dan peraihan suara di Kabupaten Bekasi dimenangkan oleh salah satu pasangan calon, dengan perolehan suara sekitar 41,06%. “Saya menghimbau kepada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bekasi yang menang jangan terlalu merayakan secara euforia berlebihan yang bisa memicu gangguan kamtibmas nantinya, tetap pedomani tahapan-tahapan pilkada secara baik,” tukas M. Iriawan.
Dalam hal ini, proses perhitungan suara hingga saat ini masih dilakukan oleh KPU. Kita sama-sama menunggu penetapan hasil penghitungan suara tersebut. Jadi, diharapkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bekasi agar tetap tenang jangan terpancing dengan hal-hal yang menimbulkan konflik dan permasalahan.
“Saya tidak bosan-bosan untuk menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang menunggu hasil penghitungan resmi dari KPU. Bagi yang kalah, jadikan motivasi ke depan untuk lebih baik dan bagi yang tidak puas silahkan menyalurkan melalui mekanisme hukum yang telah disediakan tentunya sesuai peraturan yang ada,” pungkas Kapolda Metro Jaya. (fjr)