Beranda Kesehatan BPJS Kesehatan Luncurkan Layanan Mobile Screening

BPJS Kesehatan Luncurkan Layanan Mobile Screening

198
0
BERBAGI
Tahtabekasi – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan meluncurkan layanan mobile screening, Rabu (01/02).
Kepala Kantor BPJS Cikarang, dr. Nur Indah Yuliaty mengatakan, peluncuran layanan mobile screening ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia dan merupakan fitur tambahan di aplikasi BPJS Kesehatan Mobile yang bisa diunduh di Playstore menggunakan smartphone.
Menurutnya, ada beberapa penyakit kronis seperti diabetes melitus, hipertensi, ginjal kronik dan jantung koroner dimana gejala awalnya sering diabaikan dan baru disadari ketika sudah berusia lanjut.
“Dengan adanya layanan screening mobile ini, masyarkat bisa melihat potensi resiko kesehatannya dengan melakukan screening riwayat kesehatan pada aplikasi BPJS Kesehatan Mobile yang bisa diakses di handphone,” ujarnya.
Dalam layanan mobile screening, lanjut dr. Nur Indah Yuliaty, masyarakat akan diminta untuk mengisi 47 pertanyaan yang terdiri dari kebiasaan dan aktivitas sehari-hari, penyakit yang pernah diidap dan pola makan. Apabila semua pertanyaan tersebut telah dijawab, maka masyarakat akan mendapatkan hasil screening riwayat kesehatan.
Jika peserta mengalami resiko rendah, maka di aplikasi ini akan tercantum saran yang patut diikuti peserta. Tetapi jika memiliki resiko kesehatan sedang dan berat, maka dianjurkan untuk segera memeriksakan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).
“Dengan diluncurkannya layanan screening pada aplikasi BPJS, Kesehatan Mobile yang praktis digunakan ini, kami berharap masyarakat dapat lebih aware untuk melakukan pemeriksaan riwayat kesehatannya,” kata dr. Nur Indah Yuliaty.
“Semakin dini masyarakat mengetahui resiko kesehatannya, semakin cepat upaya pengelolaan resiko itu dilakukan, sehingga jumlah penderita penyakit, khususnya penyakit kronis dapat menurun,” sambungnya.
Sebagai informasi tambahan, selain layanan mobile screaning, aplikasi BPJS Kesehatan Mobile juga menyediakan menu lain yang dapat masyarakat, khususnya peeserta JKN-KIS untuk mengecek status kepesertaan, melihat tagihan iuran, melihat lokasi fasilitas kesehatan dan lain sebagainya. (fjr)