Beranda Budaya “Sanggar Tari Melati” Lestarikan Budaya Tradisional

“Sanggar Tari Melati” Lestarikan Budaya Tradisional

1908
0
BERBAGI
Tahtabekasi.com-Sanggar tari melati yang diasuh oleh Bunga Dian A SPD bertekad terus melestarikan seni tari dan budaya tradisional yang berada di indonesia.
Hal itu diungkapkan Bunga Dian A didampingi Bunda Tri Lestari Sekretaris Dewan Kesenian Kabupaten Bekasi disela-sela latihan, Senin(4/1).
Bunga Dian menjelaskan, sekarang ini kondisi kesenian tradisional khususnya seni tari hampir terkikis oleh perkembangan jaman dan karena pengaruh masuknya budaya barat dan modern. Oleh karena itu, berbagai upaya seharusnya dilakukan agar seni tradisional yang dimiliki dan sebagai warisan nenek moyang tidak hilang.
“Budaya dan seni tari tradisional ini sudah langka dipertontonkan ke publik dan kurang diminati anak-anak masa kini. Mereka lebih senang bermain game atau dengan  tarian modern seperti dance,” kata Dian di lokasi latihan Sanggar Melati Perum Depsos Blok D1/7 Telaga Asih, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.
Dirinya berharap kepada masyarakat indonesia, walaupun perkembangan jaman semakin maju tapi adat dan budaya sebagai bangsa yang memiliki keaneka ragaman budaya tidak ditinggalkan.
“budaya di indonesia itu banyak, ada seni tari yang dimiliki setiap daerah, seni drama seperti lenong kalo betawi, ludruk kalo jawa timur, ketoprak kalo jawa tengan dan banyak lagi,” ungkapnya.
Menurut Bunga Dian, dirinya tidak hanya akan melestarikan seni budaya di nusantara ini supaya tidak punah atau terkikis perkembangan jaman. Tapi sebagai  upaya pembentukan karakter bagi anak didik agar bisa menerapkan sifat disiplin, ulet, rajin, berani dan sopan dalam berprilaku.
Bahkan, dalam menarik minat generasi muda untuk bergabung di Sanggarnya. Bunga Dian menjelaskan bahwa dirinya mempunyai trik tersendiri dengan mengemas tari tradisional dan berbagai macam tari kreasi nusantara agar diminati. Bahkan dirinya, telah berinisiatif mengambil pelatih alumni seni tari dari UNJ dan juga dari sanggar Taman Mini Indonesia Indah (TMII).
“Kami punya trik sendiri untuk menarik minat para generasi muda penerus bangsa, salah satunya mengambil pelatih dari Alumni UNJ untuk melatih teknik yng benar dan Pengasuh Sanggar TMII,” ungkapnya.(An)